This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Thursday 24 November 2011

KAJIAN AWAL, KARAKTERISTIK KARYA TULIS ILMIAH

Salam semangat kawan-kawan semua.
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang "menulis karya ilmiah". Hal ini dilatarbelakangi oleh sering kalinya karya ilmiah menjadi momok yang besar bagi pelajar maupun mahasiswa. Beberapa hal menjadi faktor mengapa karya ilmiah menjadi beban yang terlihat horor:
1. Hal yang baru
    Menulis karya ilmiah memang bukan lagi menjadi sesuatu yang baru. Namun karya ilmiah akan menjadi hal
    baru jika seseorang belum pernah mencobanya. Maka dari itu pembiasaan menulis sejak dini sangat
    diperlukan.
2. Terlalu banyak aturan
    Menulis karya ilmiah memang berbeda jika dibandingkan dengan karya fiksi. Karya ilmiah harus mengikuti
    kaidah-kaidah yang harus diikuti dalam penulisannya. Bahkan tidak hanya penulisan, proses terbentuknya
    tulisan ilmiah pun harus sesuai pada kaidah metode ilmiah yang berlaku.
3. dsb.

Sebenarnya apa sih karya ilmiah itu?
Menurut Brotowijoyo, karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

Karakteristik karya ilmiah:
1. Mengacu pada teori
    Artinya karangan ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagai landasan berpikir/ kerangka pemikiran/
    acuan dalam pembahasan masalah.
2. Berdasarkan fakta
    Artinya setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, sebenarnya dan konkret.
3. Logis
    Artinya setiap keterangan dalam kerangka ilmiah selalu dapat ditelusuri, diselidiki dan diusut alasan
    -alasannya, rasional dan dapat diterima akal.
4. Objektif
    Artinya dalam kerangka ilmiah semua keterangan yang diungkapkan tidak pernah subjektif, senantiasa
    faktual dan apa adanya serta tidak diintervensi oleh kepentingan baik pribadi maupun golongan.
5. Sistematis
    Baik penulisan/ penyajian maupun pembahasan dalam karangan ilmiah disajikan secara rutin, teratur,
    kronologis, sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku, terurut, dan tertib.
6. Sahih/ Valid
    Artinya baik bentuk maupun isi karangan ilmiah sudah sah dan benar-benar menurut aturan ilmiah yang
    berlaku.
7. Jelas
    Artinya setiap informasi dalam karangan ilmiah diungkapkan sejernih-jernihnya, gamblang dan sejelas
    jelasnya sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan keragu-raguan dalam benak pembaca.
8. Bahasanya Baku
    Bahasa dalam kerangka ilmiah harus baku, artinya harus sesuai dengan bahasa yang dijadikan tolak ukur/ standar bagi betul tidaknya penggunaan bahasa.

Referensi: http://www.slideshare.net/khairurrijal666/kir-karya-ilmiah-remaja/download

Friday 11 November 2011

WARKOP DKI kan SELALU BERPRESTASI

Awalnya mungkin terdengar lucu dan menggelikan, tapi inilah dia. Dengan bangga saya memperkenalkan WARKOP DKI sebagai salah satu rumah baru dalam hidup saya selain kampus dan kos. Nama lengkapnya adalah Warung Komunikasi Penulis dan Diskusi Karya Ilmiah PGSD FIP UNNES. Berdiri tanggal 28 April tahun 2011, warung ini bertujuan memberikan rumah bagi teman-teman yang memiliki minat dalam bidang penulisan karya ilmiah untuk bersatu membentuk wadah yang solid demi jurusan PGSD tercinta.
Pembukaan WARKOP DKI pada waktu itu dihadiri oleh Ketua Jurusan PGSD (Bapak A.Zainal Abidin), Dosen Pendamping Kemahasiswaan (Bapak Sukardi), beserta Dosen Pembimbing Karya Ilmiah (Bapak Arif Widagdo). Kegiatan ini berlangsung semi formal. Karpet hijau dengan suasana terbuka menjadi saksi berdirinya WARKOP DKI di hari itu.
Dengan motto yang disepakati "WARKOP DKI-SELALU BERPRESTASI" yang pada saat ini dikelola oleh RR dan DMW telah berusaha sebagaimana mungkin untuk bisa meningkatkan kualitas karya ilmiah di jurusan ini.
WARKOP DKI tidak hanya dilakukan di dalam ruangan. Namun sesekali kegiatan outdoor dilakukan untuk menyegarkan pikiran teman-teman WARKOP.

Thursday 10 November 2011

KHARISMA RIZKI PRADANA, Anak Autis Menjadi Pembicara di Seminar Nasional

Subhanallah,
Lagi-lagi Allah memperlihatkan kekuatanNya kepada hamba-hambaNya yang lemah ini. Sabtu, 28 Oktober 2011 tepatnya di Balai Kota Semarang telah berlangsung Seminar Nasional Pendidikan dan Motivasi dengan pembicara Bapak Drs.Ciptono(guru luar biasa) dan Bapak Bambang S.P(penggerak Gen I Be (Generasi Indonesia Berkarakter)). Namun satu dari dua pembicara yang luar biasa ini (Bapak Ciptono) ternyata berhalangan hadir karena harus menjalankan tugas di negara tetangga. Terlihat wajah kekecewaan dari beberapa raut wajah peserta karena mereka kehilangan kesempatan luar biasa untuk bisa bertemu dengan guru luar biasa kebanggaan Jawa Tengah yang telah berhasil membangun Sekolah Luar Biasa dari Garasi hingga raih 9 rekor MURI. Kekecewaan itu tidak berlangsung lama setelah pembawa acara mengumumkan bahwa materi Pak Ciptono tentang "Menjadi Guru Luar Biasa" akan diwakili oleh siswa kebanggaannya Kharisma Rizki Pradana. Perlu diketahui bahwa Kharisma yang lahir di Semarang, 4 Februari 1999 merupakan salah satu siswa autis di sekolah yang sekarang dipimpin oleh Bapak Ciptono.
Dengan pembawaannya yang apa adanya, Kharisma menyampaikan isi slide demi slide yang ditayangkan oleh operator. Tidak jarang Kharisma menyebut Pak Ciptono sebagai guru yang hebat dan mengerti siswanya. Menurut Kharisma guru yang hebat salah satu cirinya adalah humoris. Anak-anak mudah takut kepada guru dan tidak mau belajar dengan guru yang killer. Meskipun tidak semua orang mempunyai sifat sifat humoris, sifat ini dituntut untuk dimiliki seorang pengajar. Karena pada umumnya, anak-anak suka sekali dengan proses belajar yang menyenangkan termasuk dibumbui dengan humor. Secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu mengaktifkan kinerja otak kanan mereka.

Tuesday 1 November 2011

Belajar Menulis Esai

Sering kali kita mendengar kata "Esai". Entah itu dari buku, surat kabar, maupun berbagai pamflet yang menyampaikan akan diadakannya lomba esai. Namun sebenarnya apa sih esai itu?
 Sumber Gambar: http://azharblogger.wordpress.com/2011/06/01/langkah-langkah-untuk-menulis-esai/


Menurut H.B. Jassin (sang Paus Sastra), esai adalah uraian yang membicarakan bermacam ragam, tidak tersusun secara teratur tetapi seperti dipetik dari bermacam jalan pikiran. Dalam esaik terlihat keinginan, sikap terhadap soal yang dibicarakan, kadang-kadang terhadap kehidupan seluruhnya. Sementara menurut Arief Budiman menarik esai sebagai karangan yang sedang panjangnya yang membahas persoalan secara mudah dan sepintas lalu dalam bentuk prosa. Sedangkan Soetomo menyebut esai sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang kebetulan menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas.(http://flp-hk.tripod.com/id15.html)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More