Tuesday 6 August 2013

LABSCHOOL PERFORMANCE DAY


Oleh: Dian Marta Wijayanti

“Berbagi dengan Sesama di Bulan Ramadhan”
Itulah tema yang dipilih oleh SD Labschool Unnes dalam menyemarakkan bulan Ramadhan 1434 H. 29-31 Juli 2013 menjadi tanggal yang spesial bagi siswa-siswi SD Labschool Unnes. Pada hari tersebut sebuah acara yang diberi nama Labschool Performance Day dilaksanakan. Menurut ketua panitia Rico, S.Pd menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter religius bagi siswa SD Labschool. 
Beberapa perlombaan mengisi kegiatan selama tiga hari ini. Untuk memperbanyak partisipan, panitia membagi perlombaan ke dalam dua kategori yaitu untuk kelas rendah (kelas 1-3) dan kelas tinggi (kelas 4-5). Pada hari Senin (29/07/2013) kelas rendah mengikuti lomba hafalan surat Al Fatihah, lomba wudhu, dan hafalan doa-doa harian. Sedangkan kelas tinggi mengikuti lomba kaligrafi, lomba memakai sarung, dan hafalan surat-surat pendek.
Hari kedua, Selasa (30/07/2013) tidak kalah dengan hari pertama. Pada hari kedua siswa kelas rendah diberi kesempatan untuk menonton video cerita religi di aula. Sedangkan kelas tinggi masih hangat bersama kompetisi-kompetisi lain yaitu lomba sholat Subuh+Qunut, lomba tartil Al Qur’an, dan lomba pidato. Pelaksanaan lomba-lomba ini diharapkan mampu memberikan pembiasaan bagi siswa agar berlomba-lomba dalam kebaikan. Sebagaimana yang tersebut dalam Surat Al Baqarah ayat 148
(١٤٨)وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُواْ يَأْتِ بِكُمُ اللّهُ جَمِيعاً إِنَّ اللّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya :
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al-Baqarah : 148 )
Kegiatan Labschool Performance Day ditutup dengan performance para pemenang lomba dan kultum sambil menunggu waktu berbuka puasa (khusus siswa kelas 4-6). Dalam situasi kekeluargaan siswa bersama guru melaksanakan buka bersama serta sholat maghrib berjamaah di sekolah. Tidak hanya itu, siswa juga diajak tadarus dan sholat tarawih yang dipimpin oleh Bapak Irfan Haris sebagai imam.

3 comments:

Luar Biasa, semangat sekali. =))

Semangat donk Pak, masih muda kok ,,,
hohoho

Ayo tetap semangat menulis bu !

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More