Wednesday 27 June 2012

Jika terbatas, Bagaimana? (dilema pembelajaran berbasis komputer)

Komputer sudah tidak barang yang asing lagi bagi sebagian orang meskipun masih ada beberapa yang menganggap komputer sebagai barang mewah. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran pun sudah bukan menjadi hal baru. Sudah banyak sekolah yang menggunakan komputer sebagai alat bantu maupun media untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hingga sampai sekarang sering kita kenal sebagai "pembelajaran berbasis komputer". Dengan berbagai aplikasi yang dimiliki oleh komputer, guru dapat berinovasi untuk mendesain pembelajaran dengan lebih menyenangkan. Namun pada kenyataannya benarkah pembelajaran dengan menggunakan komputer efektif bagi perkembangan siswa secara kognitif, afektif dan psikomotorik atau malah hanya sebatas untuk menarik perhatian siswa saja?
Coba kita tengok satu persatu.
a. Jika pembelajaran menggunakan slide presentasi
Penggunaan slide presentasi dalam pembelajaran tentunya akan menarik perhatian siswa. Apalagi jika slide yang dipergunakan dapat bergerak aktif dengan kecanggihannya. Siswa akan fokus ke arah slide yang ditampilkan oleh guru. Namun tanpa disadari sebenarnya jika slide tidak dibarengi dengan motorik siswa, hal ini menunjukkan bahwa siswa akan pasif karena hanya mempergunakan motoriknya untuk melihat tayangan slide saja. Apabila slide juga tidak diimbangi dengan model pembelajaran inovatif, hal itu juga dapat mempengaruhi tingkat emosional siswa seperti kurangnya kerjasama terhadap teman, individualis dan kurang mandiri.
b. Jika pembelajaran memanfaatkan fasilitas internet
Kemajuan perkembangan teknologi secara tidak langsung memaksa pembelajaran untuk mulai mengenal dan menggunakan internet. Namun sayangnya, jangankan untuk menggunakan internet. Masih banyak sekolah di perbatasan yang belum mengenal komputer. Komputer masih menjadi barang mewah baik bagi siswa maupun gurunya. Tidak jarang pula yang masih takut menggunakan komputer. Banyak guru yang belum mencoba belajar komputer karena  takut rusak maupun alasan lainnya. Sebelum membicarakan ketercapaian tujuan, masih banyak yang perlu di bahas tentang penggunaan komputer dalam pembelajaran.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More