Monday 15 October 2012

EGRA USAID PRIORITAS

Early Grades Readings Assessment adalah salah satu agenda USAID PRIORITAS pada tahun 2012 ini. Early Grades Readings Assessment yang biasa disebut EGRA bukanlah suatu model pembelajaran melainkan suatu teknik asesmen yang dilatih kan kepada kurang lebih 130 asessor yang hadir pada hari tersebut. Mulai tanggal 24 sampai 28 September 2012 peserta dirapatkan di sebuah Hotel Bintang Lima di ibukota Jakarta. The Sultan Hotel menjadi tempat bagi kami berteduh, menikmati malam, serta mengikuti serangkaian acara dari USAID PRIORITAS.
"Early achievement spawns faster rates of subsequent achievement" (Marton, 1968). Sebuah cuplikan kalimat yang saya ambil dari salah satu slide dalam workshop yang dilaksanakan di ruang B1 Ballroom The Sultan Hotel itu. Keberadaan Peggy Dubeck pada waktu itu benar-benar sangat sangat menyita perhatian peserta. Tidak ada Peggy, salah satu teman Peggy yang bernama Lorna juga memberikan kesan tersendiri bagi setiap peserta yang ada di kegiatan ini. Pelatihan EGRA ditujukan kepada para praktisi pendidikan seperti dosen, guru, mahasiswa, serta aktivis pendidikan. Di acara ini kami berupaya memberikan yang terbaik kepada USAID PRIORITAS.
Sebagai salah satu delegasi dari provinsi Jawa Tengah saya benar-benar sangat bersyukur. Saya meerasa beruntung karena ini adalah kesempatan luar biasa yang pernah saya ikuti. EGRA memberikan pengalaman bagi saya untuk menginjakkan kaki ke ibukota Jakarta. EGRA memberikan kesempatan bagi saya untuk pertama kali menggunakan alat transportasi taksi. EGRA memberi kesempatan pertama bagi saya untuk menikmati perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang. EGRA pula lah yang memberi kesempatan bagi saya untuk mengenal orang-orang hebat dari berbagai provinsi di Indonesia. Tak ingin saya menyi-nyiakan kesempatan ini. Pergi membawa identitas provinsi harus bisa berkontribusi bagi Jawa Tengah. Alhamdulillah, di hari setelah uji coba lapangan di SDN 2 Cilegon Bapak Ahmad Sarjito sebagai koordinator EGRA Jawa Tengah mengucapkan "Selamat ya mbak ... Jawa Tengah adalah satu-satunya provinsi yang mempunyai perfect assessment. Dan itu adalah milik mbak Dian ..."
Hati ini sangat bahagia. Semoga ke depannya EGRA memberikan manfaat bagi dunia pendidikan. Mari berkontribusi di provinsi masing-masing. Salam semangat EGRA :-)

8 comments:

kereeeen mbak dian! (y)
sukses selaluu...

Sukses juga buat kamu dk ... :-)

mantep banget blognya .. lama nggak buka

Sampeyan kemana aja Mas? Lama tak terlihat di dunia maya.

Salam kenal mbak dian... saya aris, assessor EGRA Prov. Sul-Sel.. Sebuah tulisan yang sangat bagus.. Salam Sukses!

postingan laporan EGRA di lapangan mana??? sapa tau aq juga nampang..hehe
joss banget, kalah aq..

Aris Armianto: Salam kenal Bapak ... bagaimana proses pengambilan data awal EGRA di provinsi Sul Sel? Jateng sudah selesai tanggal 1 Desember kemarin. Salam Sukses juga Bapak :-)

Mas Sofyan: wah, belum sempat nulis artikelnya Mas, hehe ... ditunggu ya ....

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More