Tuesday 24 July 2012

Ayo Hargai Tulisan Orang Lain .... (Opini)

Salah satu hal yang paling dibenci penulis adalah ketika tulisannya diplagiat oleh orang lain. Artikel ini ditulis ketika mengetahui artikel seorang sahabat di dalam blognya di copy paste oleh pemilik blog lain tanpa mencantumkan sumber/referensi yang jelas bahwa tulisan tersebut adalah karya sahabat saya.

Menulis adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi ketika menulis sudah dianggap sebagai kebutuhan. Seseorang yang telah terbiasa menulis akan merasa ada yang kurang dari dirinya jika dalam waktu yang cukup lama tidak menerjemahkan gagasan-gagasannya di dalam sebuah tulisan. 
Salah satu tempat penyaluran tulisan lepas adalah melalui blog. Sama seperti yang saya lakukan ini. Blogger memberi kesempatan bagi setiap penggunanya untuk memposting tulisan-tulisan secara bebas dan gratis. Namun sayangnya, penyalahgunaan hak cipta sering kali dilakukan. Kegiatan copy paste tanpa izin seakan menjadi hal yang halal dan biasa untuk dilakukan. Bahkan, tidak jarang mengalihkan hak kepemilikan. Padahal jika kita pikir-pikir. Seorang penulis yang mencantumkan sumber referensi di dalam tulisannya itu bukanlah seseorang yang bodoh atau tidak kreatif. Justru seseorang yang mencantumkan sumber referensi menunjukkan bahwa dia adalah penulis sejati yang menghargai tulisan dari penulis lain. Maka dari itu, yuk hargai tulisan orang lain atau suatu saat engkau juga akan merasakan betapa sakitnya hati jika tulisanmu di plagiat oleh orang lain.

1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More