Monday 30 July 2012

PPL-SDN Karangayu 02 (Mendidik dengan Hati)

Pertempuran di medan yang sebenarnya pun dimulai. PPL akan menjadi aktivitas kami untuk tiga bulan ke depan. Alhamdulillah, pada tahun ini kami dan tim mendapat amanah untuk melaksanakan PPL di SDN Karangayu 02. Sekolah ini berlokasi di daerah Semarang Barat. Tepatnya di dekat PRPP Semarang. Mendapat sekolah yang berlokasi di tengah kota merupakan tantangan yang harus kami taklukan. Sebagian besar dari kami yang bertugas disini memang berasal dari daerah. Namun, menjadi seorang guru harus selalu siap untuk ditempatkan dimana saja. Di kota maupun di desa, tentunya sama-sama memiliki tantangan dengan porsi yang sama namun kondisi yang berbeda.
Pertemuan pertama dengan pihak sekolah dilaksanakan hari Senin, 30 Juli 2012. Bapak Busroni sebagai kepala sekolah memimpin pertemuan antara kami (mahasiswa PPL) dengan keluarga besar SDN Karangayu 02. Cukup fantastis dan sempat membuat kami kaget. Meskipun kami datang tanpa didampingi koordinator dosen pembimbing, namun pihak sekolah menerima kami dengan sangat baik. Setelah kami memperkenalkan diri satu persatu, Bapak Busroni pun memperkenalkan guru kelas IA sampai VIC dengan gaya bicara khas beliau. Beliau pun selalu menyebut kata "guru berbobot" dan "guru kurang berbobot". "Bobot" yang dimaksud bukan berarti "kualitas", melainkan yang dimaksud adalah "berat badan" dari guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Pertemuan pun berlangsung kurang lebih 1,5 jam. Kurang lebih pukul setengah 2 pertemuan di akhiri dan kami pun kembali menuju kos masing-masing.
Empat kompetensi menjadi bagian yang tidak boleh terpisahkan dari hari-hari kami ke depan. Kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Bersama kurang lebih 28 guru di SDN Karangayu 02, kami akan berusaha untuk belajar dan mengambil pengalaman sebanyak mungkin. Semoga sekitar 600 siswa di SDN Karangayu 02 bisa menjadi mutiara-mutiara yang bersinar di antara kami sebagai calon pendidik berbasis konservasi.
Tim PPL SDN Karangayu 02 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang tahun 2012:
1. Bayu Iskandar
2. Dian Marta Wijayanti
3. Fasih Dwi Yuani
4. Lina Daniati
5. Yoan Cahya Agustin
6. Ning Triyani
7. Widya Nurmala Sari
8. Eko Purwanto
9. Saiful Umam
10. M.Renal Dian Nafik

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More