Wednesday 11 January 2012

ASESMEN PUN DATANG

Salam pendidikan,
Setelah membahas masalah PTK, sekarang saatnya kita membahas tentang asesmen.
Okey, langsung saja ya ...
Tapi sebelum membahas pengertian asesmen mari kita tinjau terlebih dahulu pengenai perbedaan pengukuran dan evaluasi. Pengukuran merupakan kegiatan pemberian angka-angka pada suatu gejala/ peristiwa/ benda sehingga hasil pengukuran berupa angka. Sedangkan evaluasi adalah proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu. Asesmen merupakan proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Berikut ini adalah contoh skema hubungan pengukuran dan evaluasi.

Nilai = hasil pengukuran(skor)/skor maksimal x batas kriteria minimal
Tujuan dilaksanakannya asesmen antara lain:
1. Mengetahui tingkat kompetensi yang dipersyaratkan
2. Umpan balik peserta didik
3. Umpan balik guru
4. Mendiagnosis kesulitan belajar
Prinsip-prinsip asesmen:
1. Validitas
2. Reliabilitas
3. Komprehensif
4. Objektifitas
5. Mendidik

DISKUSI
1. Bolehkah penilaian hanya dilakukan secara tertulis saja?
2. Ketika terdapat anak yang remidi kemudian nilai disesuaikan dengan batas KKM. Apakah sudah termasuk dalam kategori adil?
3. Bagaimana cara memberi remidial kepada siswa?
4. Ketika guru melakukan penugasan pada setiap hari, sudah sesuaikah dengan psikologis siswa?
Berdasarkan diskusi dengan Ibu Widi rombel 04 mata kuliah asesmen pembelajaran, berikut jawaban secara singkatnya
1. Penilaian tidak boleh hanya dilakukan dengan cara tertulis. Namun dalam pelaksanaan penilaian ada pula yang namanya penilaian non tes. Sebagai contoh penilaian dalam lembar observasi, penilaian unjuk kerja, dan penilaian proyek.
2. Penilaian sudah dapat dikategorikan adil karena dalam pemberian nilai hasil remidial tidak boleh melebihi nilai KKM yang sebelumnya telah ditentukan.
3. Cara memberikan remidial kepada siswa tergantung dari bentuk materi yang akan diremidialkan. Jika nilai yang perlu diremidi adalah nilai akhir maka akan diberikan nilai tes kembali dengan bobot yang lebih ringan dari soal sebelumnya. Namun jika bagian yang perlu direvisi hanya beberapa bagian dari proses pembelajaran misal praktikum. Remidial hanya sebatas praktikum itu saja. Remidial dilaksanakan dengan tidak mengganggu aktivitas pembelajaran.
4. Penugasan yang dimaksud disini berbeda dengan tugas pekerjaan rumah. Namun penugasan disini adalah penugasan proyek. Tidak seharusnya guru memberi tugas berlebihan kepada siswa karena hal tersebut dapat mempengaruhi psikologi perkembangan siswa semakin drop karena tugas yang diberikan terlalu berat. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberi tugas yang cukup sesuai dengan ketercapaian kompetensi.


Sebelum kita membuat soal, maka diperlukan penyusunan kisi-kisi pembuatan soal terlebih dahulu.
Berikut ini adalah contoh kisi-kisi 





Berikut ini akan disajikan contoh-contoh penyusunan penilaian tes:

Mata Pelajaran            :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester          :    IV/ 2
Standar Kompetensi:
1.        Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar:
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.
Indikator:
1.3.1        Mengenali fungsi alat indera
1.3.2        Memberi contoh panca indera manusia
1.3.3        Menentukan fungsi alat indera
1.3.4        Mengaitkan fungsi antar alat indera
1.3.5        Mengkombinasikan fungsi alat indera

CONTOH SOAL
1.    Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban di bawah ini!
Mata merupakan alat indera yang berfungsi untuk ….
a.       Mendengar
b.      Melihat
c.       Berbicara
d.      Membau
Penskoran, jawaban benar skor 1
                     jawaban salah skor 0
                  tidak menjawab skor 0





2.    Isian
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Kornea merupakan bagian mata yang berfungsi untuk ….
Penskoran, jawaban benar skor 1
                     jawaban salah skor 0
                  tidak menjawab skor 0

3.    Jawaban Singkat
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Disebut apakah seseorang yang tidak bisa melihat jarak jauh?
Penskoran, jawaban benar skor 1
                     jawaban salah skor 0
                  tidak menjawab skor 0

4.    Benar Salah
Lingkarilah huruf B jika pernyataan berikut benar atau huruf S jika pernyataan berikut salah!
B – S Rumah siput merupakan salah satu bagian telinga yang berfungsi sebagai alat keseimbangan
Penskoran, jawaban benar skor 1
                     jawaban salah skor 0
                  tidak menjawab skor 0


5.    Menjodohkan
Jodohkan bagian-bagian mata dalam kolom 1 dengan fungsinya di kolom 2 dengan memberikan garis penghubung!


1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
 

 
 











Kunci: 1-d, 2-1, 3-f, 4-b, 5-c
Format penskoran
No
Kunci/ kriteria jawaban
Skor
1
2
3
4
5
1-d
2-a
3-f
4-b
5-c
1
1
1
1
1

Skor Maksimum
5




6.    Uraian Objektif
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Sebutkan 4 contoh penyakit yang dapat menyerang mata manusia!
Kriteria Penskoran
No.
Kunci Jawaban
Penskoran
1
2
3
4
Miopi
Hipermetropi
Presbiopi
Astigmatisme
1
1
1
1

Skor maksimum
4


7.    Uraian Non Objektif
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Mengapa seseorang yang menderita miopi harus menggunakan lensa cekung untuk membantu penglihatannya?
No.
Kunci Jawaban
Penskoran
1
2
3

4
Menjelaskan pengertian miopi
Menyebutkan penyebab miopi
Menjelaskan letak jatuhnya bayangan
Menghubungkan antara miopi dan lensa cekung
2
2
2

2


Skor maksimum
8





2 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More