Wednesday 3 July 2013

"All is Well" Presentasi pun Lancar

Presentasi adalah aktivitas yang tidak terlepas kegiatan mahasiswa. Hampir setiap pertemuan mahasiswa selalu dihadapkan dengan presentasi dan tanya jawab baik itu dengan sesama mahasiswa maupun langsung bersama bapak ibu dosen. Beberapa hal sering kali menjadi penyebab seseorang tidak lancar dalam menyampaikan materi presentasi, seperti tidak percaya diri, takut, maupun tidak siap. Dari berbagai hambatan itu pada dasarnya hanya disebabkan oleh satu hal yaitu KESIAPAN. Ketika seseorang telah siap mengikuti presentasi tentu ia dapat menyampaikan materi dengan lancar. Begitu pula sebaliknya ketika yang ada adalah ketidaksiapan, maka presentasi pun dapat terhambat.

Untuk kesekian kalinya pada kesempatan ini saya akan berbagi tips bagi teman-teman agar dapat percaya diri mempresentasikan materi dengan baik:
1. Menguasai materi
Bagian terpenting dari sebuah presentasi adalah penguasaan materi. Presentasi yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu maksud hendaknya sesuai dengan materi yang sebelumnya telah dipersiapkan. Jangan sampai isi presentasi keluar dari paper yang telah ditulis. Penguasaan materi presentasi tidak harus dihafalkan. Presentator dapat membaca materi berulang kali sambil memperhatikan slide tanpa harus menghafalkan masing-masing bagian.

2. Mempersiapkan slide 
Slide presentasi tidak harus berjumlah banyak. Jumlah slide disesuaikan pada bagian-bagian terpenting dari materi yang akan disampaikan. Strategi copy-paste paragraf pada slide bukanlah cara yang baik. Peserta presentasi (penonton) akan merasa bosan dengan slide yang terlalu panjang dan ruwet. Slide yang simpel dengan berbagai animasi cantik akan lebih menarik perhatian penonton.

3. Menyiapkan catatan kecil
Manusia tak pernah luput dari lupa. Untuk mengantisipasi hal tersebut presentator dapat membuat catatan kecil di selembar kertas sesuai urutan slide yang akan disampaikan. Tujuan dari pembuatan catatan kecil ini adalah sebagai alat pengingat dan garis merah hal-hal yang penting untuk disampaikan.

4. Menyiapkan media
Media presentasi memberikan peran tambahan dalam kemenarikan presentasi. Dengan adanya media yang sesuai dengan materi presentasi, penonton akan lebih mudah memahami objek. Apalagi jika presentator mampu memberikan contoh-contoh yang jelas melalui media yang telah dipersiapkan.

5. Menyusun beberapa pertanyaan yang dimungkinkan akan keluar
Dengan telah memahami materi yang akan disampaikan, presentator dapat meramalkan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya akan muncul ketika presentasi berlangsung. Setelah menyusun pertanyaan presentator dapat mempersiapkan alternatif jawaban. Hal ini secara tidak langsung dapat memperdalam pengetahuan presentator.

6. Memulai presentasi dengan senyum dan salam yang mantap
Ketika perasaan merasa belum siap dan kurang PeDe dalam memulai presentasi, presentator dapat memulai dengan senyum seraya berdoa di dalam hati agar diberikan kemudahan selama presentasi berlangsung. Keyakinan dalam hati memberikan power yang luar biasa untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam presentasi.

Berikut tadi adalah tips-tips yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat ^_^

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More