Saturday 8 October 2011

Sekolahku

Jika buku adalah sumber ilmu. Bagaimana dengan mereka yang hidup jauh dari kota dan tak berteman dengan buku? 
Lagi-lagi jari-jari ini menuliskan fenomena yang terjadi di sekolah perbatasan yang berjarak 60 Km dari pusat kabupaten dan 20 Km dari pusat kecamatan. Jika dibandingkan dengan sekolah yang ada di luar Jawa, mungkin siswa-siswi MTs. Hasyim Asy'Ari tergolong masih beruntung. Mereka masih memiliki gedung sekolah meski berdinding kayu, berlantai tanah, dan beratap genteng.

Namun jika dibandingkan dengan kondisi sekolah yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya. Perkembangan sekolah ini masih sangat perlu dikembangkan. Jika mengacu pada UU No. 25 tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Proprenas) yang menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan sumber daya pendidikan yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Prasekolah, Pendidikan Dasar dan Menengah. Disebutkan bahwa kegiatan pokok dalam upaya peningkatan kualitas adalah penyediaan penggunaan dan perawatan sarana prasarana pendidikan, termasuk buku dan alat peraga pendidikan, perpustakaan dan laboratorium bagi sekolah negeri dan swasta secara bertahap.
Sampai saat ini, sekolah yang berdiri tahun 2007 itu belum memiliki perpustakaan sebagai fasilitas belajar.   Koleksi yang dimiliki sekolah masih terbatas buku paket pelajaran. Sementara buku-buku referensi dan buku-buku pengetahuan belum dimiliki oleh sekolah ini. Maka dari itu, bantuan dari berbagai pihak sangat dinantikan.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More