Tuesday 4 October 2011

STUDENT GARBAGE BOX


STUDENT GARBAGE BOX (SGB)
            Sesungguhnya makna dari SGB tidak serumit nama yang diberikan oleh pemberi gagasan. Menjadi salah satu finalis 5 besar dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah PGSD se-Jawa yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, kami dengan bangga mengusung judul Implementasi Tanggung Jawab dengan "Student Garbage Box(SGB) Pada Siswa Kelas I-III SDN Tambakaji 03 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. 
              Tim yang terdiri dari
Dian Marta Wijayanti, Yubaedi Siron dan Hari Agus Prasetyo memilih nama

Student Garbage Box atau SGB karena kami berpendapat bahwa SGB efektif  sebagai salah satu media untuk  mengajarkan cinta kebersihan pada siswa SD kelas rendah(kelas 1-3). Terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan selama 3 bulan di SDN Tambakaji 03 menunjukkan bahwa 99% responden tertarik dengan SGB dan kegiatan pembiasaan ini melatih tanggung jawab siswa untuk menjaga lingkungan sekitar. Ketertarikan siswa ini diawali dari bentuk SGB yang unik dan berbeda dari tempat sampah biasanya. SGB yang terbuat dari kardus bekas dengan dibalut oleh kertas kado serta plastik memberikan kesan tersendiri bagi siswa.
Berikut ini akan ditampilkan foto-foto kegiatan peneliti bersama SGB dan siswa SDN Tambakaji 03




4 comments:

wah BUGUYU knapa kok aku di katain sampah wekekkeke kata seorang anak

@Panji: SGB= Student Garbage Box= Boks sampah untuk siswa, bukan siswanya yang sampah. Begitu ya Nak ... jangan nangis lagi ... cup cup cup

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More